Selasa, 05 Mei 2015

My interesting people

MY INTERESTING PEOPLE  ( MY INSPIRATION )
        Setiap manusia pasti mempunyai seseorang yang dapat menginspirasi kita agar lebih semangat dalam menjalankan hidup ini. Entah itu orang tua, guru, president, artis,teman,sahabat, bahkan tidak menutup kemungkinan orang yang selalu menolong kita Kali ini orang yang menginspirasi saya adalah keluarga angkatku. Menurutku mereka adalah orang yang berpengaruh terhadapku, mereka seperti keluarga walaupun tidak ada hubungan darah, yah kita memang saudara semuslim dan seiman. Mereka semua adalah keluarga ke-duaku.
            Ayah angkatku bagaikan bapak kandungku ia seperti teman sekaligus guruku. Ia sangat baik, pintar, mengetahui banyak hal. Saya belajar banyak darinya. Menurutnya ada dua faktor yang menjadi hambatan untuk menuju kesuksesan yaitu malas dan putus asa. Ketika seseorang diliputi atau diselimuti rasa malas ia tidak akan maju ia hanya diam di tempat bahkan ia mundur ke belakang. Tanpa adanya semangat dan mudah putus asa ketika mendapat kegagalan, dihadapkan dengan berbagai masalah  maka dengan mudahnya ia tak bergairah atau bersemangat dalam menghadapi hidup ini bahkan ada yang mengakhiri masa hidupnya. Tapi orang yang mempunyai kemauan dan kesungguhan yang keras walaupun faktor ekonomi yang menghambat maka ia akan maju, berusaha, untuk menggapai keinginan, impian, dan cita-citanya. Man jadda wa jadda
            Tiga kekuatan yang harus dimiliki setiap individu atau kelompok yaitu : kekuatan ekonomi, kekuatan knowledge, dan kekuatan fisik. Islam mengajarkan umatnya agar ia hidup kaya, sama halnya Siti khadijah,Nabi Muhammad, Abdurahman bin Auf, Umar bin abdul aziz, dan masih banyak  lagi. Mengapa kita harus kaya agar kita bisa membantu orang yang membutuhkan, memberikan hak fakir miskin, anak yatim dan sebagainya. Kekuatan knowladge juga sangat diperhitungkan, semua orang haus akan ilmu. Jika ingin menginginkan dunia dengan ilmu, jika ingin akhirat maka dengan ilmu, dan jika ingin keduanya maka dengan ilmu.  Seseorang akan dihormati jika ia memiliki harta, pangkat, dan berilmu. Muslim juga menganjurkan kepada kita agar berbadan sehat dan kuat, dalam sabdanya Allah lebih menyukai muslim yang kuat daripada yang lemah. Itulah yang harus dimiliki oleh setiap insan ujarnya.
            Hidup adalah ujian, ujian tak akan pernah berhenti jika kita belum bisa mengatasinya sama halnya ketika ingin naik kelas kita dihadapan dengan beberapa ujian jika kita belajar dan bisa mengerjakan pasti hasilnyapun memuaskan, dan naik ke level berikutnya. Ujian akan datang silih berganti sesuai dengan kemampuan kita. Pada intinya ujian itu untuk mengangkat derajat kita. Inilah sosok ibu yang sabar dalam menghadapi ujian, walaupun terkadang ia berucap sabar itu ada batasnya. Ujian setiap insan pasti berbeda-beda dalam firmannya dan akan kami uji dengan ketakutan, kelaparan, kekurangan harta benda, kekurangan buah-buahan, dan kekurangan jiwa. Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang lemah yng hanya bisa mengeluh namun pertolongan Allah terbuka bagi siapa yang meminta kepadaNya. Dan Allah Maha mengetahui kemampuan hambaNya, itulah yang membuat kuat dan tegar. Ia jadikan shalat dan sabar sebagai penolongnya, keluarga adalah penguat baginya,kebahagiaannya ketika melihat orang yang dicintai tersenyum bahagia.
Nak, ada tiga komponen pada manusia dalam mencapai kesuksesan pertama, SQ (spiritual Question ) spiritual question ini hubungan antara hamba dengan manusia ini yang sangat berpengaruh karena apapun kehendaknya maka ia akan terjadi. Janganlah kamu lupa berdo’a, memohon, dan meminta kepadaNya. TanpaNya kita lemah dan tak berdaya. Allah yang menentukan tapi kita wajib berusaha. Yang kedua ESQ (emotional Question) yang satu ini hubungan kita kepada manusia, bagaimana kita bisa mengontrol diri, mengendalikan hawa nafsu, dan mengendalikan diri dalam pergaulan. Dan yang terakhir yaitu IQ ( Intelegent Question) kecerdasan.  Selanjutnya mereka berpesan kepada saya pribadi dan umumnya untuk semua untuk terus menuntut ilmu dimanapun, kapanpun dan bagaimanapun, dengan ilmu hidup akan mudah. Gali skill dan talent di bidang apapun dan jadilah ahlinya. Jadilah kamu orang yang bermanfaat untuk orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar